1.1.15

9 Jenazah Air Asia QZ8501 Ditemukan

KOMPAS.com - Kepala Badan SAR Nasional FHB Soelistyo memastikan jumlah korban yang sudah ditemukan berjumlah 9 orang. Soelistyo menyebut masih ada 1 jenazah yang tertahan di kapal karena cuaca buruk.

"Total jenazah sampai detk ini, semuanya ada 9. Itu posisinya 6 sudah terkirim di Surabaya, 2 masih di Pangkalan Bun, dan rencana malam ini akan kita dorong ke Surabaya, 1 jenazah ada di KRI Yos Sudarso," kata Soelistyo dalam konferensi pers di Kantor Basarnas, Kamis (1/1/2015).

Diterangkan Soelistyo, tim kesulitan melakukan evakuasi lantaran cuaca buruk belum juga berakhir. Ia pun memberikan data dari BMKG yang memperlihatkan tinggi gelombang di Laut Jawa, tempat fokus pencarian, mencapai 4 meter.

"Kesulitan hari ini, kondisi cuaca yang kurang bersahabat, gelombang tinggi 3 hingga 4 meter, satu minggu ke depan, masih akan berhadapan dengan cuaca ini setidaknya sampai 4 Januari," papar jendral bintang tiga ini.

Lebih jauh, terkait dengan jenazah yang masih berada di KRI Yos Sudarso, Soelistyo memberikan alasannya. Ia menyebut jenazah itu belum dapat dikirim ke Pangkalan Bun lantaran helikopter untuk membawanya dihadang oleh cuaca buruk dan angin kencang.

"Karena heli tidak bisa mendarat, mereka harus segera pergi karena cuaca menghadang. Malam ini, dengan sangat menyesal saya tidak bisa bawa yang satu lagi," ucap Soelistyo.

Ia mengatakan, masih ada kemungkinan kabar baru mengenai jumlah jenazah yang ditemukan sampai malam nanti. Namun, ia belum mau memastikan sampai komandan-komandan di lapangan melihat langsung temuan tersebut.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai dengan topik bahasan dan tidak melanggar unsur-unsur yang merugikan dan menghina. Komentar yang sifatnya spam akan dihapus.
Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di blog Kawan Bicara.