2.1.15

Kekuatan Gabungan Pencarian AirAsia di Hari Ke-6

Merdeka.com - Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) bersama tim gabungan melanjutkan pencari korban dan pesawat AirAsia QZ8501. Pencarian di hari keenam, Jumat (2/1) akan menurunkan 46 search rescue unit (SRU).

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henry Bambang Soelistyo mengungkapkan, tim gabungan yang diterjunkan merupakan unsur dari TNI, Polri dan pihak luar negeri. Dalam pencarian ini akan ada 46 SRU yang diterjunkan.

"Total 46 baik dari unsur udara maupun laut," katanya di Kantor Basarnas Pusat, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/1).

Berdasarkan data yang diterima merdeka.com dari Basarnas, ini detail armada yang diturunkan hari ini:

SRU Udara dari dalam negeri terdapat tujuh helikopter dan lima Fix Wing. Sedangkan bantuan luar negeri, dua helikopter dari Singapura, dua helikopter dari Amerika dan satu Fix Wing dari Korea. Sehingga total SRU udara sebanyak 17 unit.

Untuk SRU laut, dalam negeri menerjunkan 21 unit kapal. Sedangkan bantuan luar negeri, empat unit dari Singapura, tiga unit dari Malaysia dan satu unit dari Amerika. Sehingga total armada laut sebanyak 29 unit.

Soelistyo menambahkan, walaupun terdapat beberapa SRU dari luar negeri, tidak akan ada tumpang tindih dalam pencarian. Sebab tujuan pencarian ini untuk menemukan korban dan pesawat AirAsia QZ8501.

"Ini unsur gabungan, semua bekerjasama, baik Basarnas, TNI, Polri, luar negeri dan instansi yang terkait," tutupnya.

Jumlah ini jauh berbeda dengan SRU yang diturunkan pada 1 Januari 2015. Sebab SRU dalam negeri menerjunkan 84 unit, terdiri dari 17 helikopter, 10 pesawat dan 57 kapal. Sedangkan SRU luar negeri menerjunkan 14 unit, terdiri dari dua helikopter Singapura, dua pesawat Singapura, satu pesawat Malaysia, lima kapal Singapura, dua kapal Malaysia, satu pesawat Korea dan satu kapal Amerika.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai dengan topik bahasan dan tidak melanggar unsur-unsur yang merugikan dan menghina. Komentar yang sifatnya spam akan dihapus.
Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di blog Kawan Bicara.