22.12.14

Timnas U-23 Belum Ideal

Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Aji Santoso, mengungkapkan bahwa kondisi fisik para pemain skuad Garuda Muda, jika mengacu kepada VO2Max, belum ideal.

Pernyataan itu diungkapkan Aji di tengah sela-sela pemusatan latihan timnas di Pelatnas Usia Muda PSSI, Bojong Sari, Depok. Pelatnas itu dipersiapkan untuk mengikuti kualifikasi Piala Asia U-22 2016 dan SEA Games 2015.

Aji mengatakan dari 23 pemain yang mengikuti tes, rata-rata VO2Max pemain hanya mencapai 54,8 poin. Padahal, menurut mantan pelatih berusia 44 tahun itu, nilai ideal rata-rata pemain harusnya di atas 57 poin.

"Tetapi, bagi saya itu sudah bagus. Karena mereka sedang jeda kompetisi dan tidak terlalu turun," ujar Aji.

Aji menambahkan, saat ini pemain yang memiliki VO2Max tertinggi adalah gelandang, Sandy Darma Sute, dengan nilai 61,6 poin. Sementara itu, pemain yang VO2Max-nya terendah adalah Mochammad Junda Irawan dengan 50,5.

"Kalau penjaga gawang, wajar segitu. Tapi kalau pemain lapangan, berarti lama tidak latihan," jelas Aji.

Pemusatan latihan ini akan berakhir 6 Januari nanti. Rencananya, pada Januari mendatang skuad Garuda Muda juga akan beruji coba dengan timnas Suriah U-23.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai dengan topik bahasan dan tidak melanggar unsur-unsur yang merugikan dan menghina. Komentar yang sifatnya spam akan dihapus.
Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di blog Kawan Bicara.