3.1.15

ATC Duga QZ8501 Minta Tambah Ketinggian Untuk Terbang Nyaman

Merdeka.com - Air Traffic Control (ATC) membenarkan pilot pesawat AirAsia QZ8501 meminta naik ke ketinggian 38.000 kaki dari 32.000 kaki. Namun, pihak ATS tidak mengetahui pasti alasan soal permintaan pilot tersebut.

General Manager ATC Jakarta, Budi Hendro menduga, permintaan pilot itu hanya untuk mendapat penerbangan nyaman. "Kami menduga permintaannya hanya untuk economic flight level atau terbang di ketinggian paling nyaman yakni di level 38.000 kaki," kata Budi di Jakarta, Jumat (2/1).

Di sisi lain, kata Budi, pihaknya membantah bahwa Air Traffic Control (ATC) menolak permintaan AirAsia QZ8501. Pihaknya mengklaim sudah melakukan sesuai prosedur, yakni meminta pesawat tersebut bertahan terlebih dahulu, lantaran rute penerbangan saat itu sedang padat.

"Saat itu traffic banyak, kita biasanya butuh 10 menit bahkan lebih. Tapi kemarin hanya 3 menit, itu tidak terlalu lama," ujarnya.

Budi menambahkan, ATC juga tidak memiliki kewajiban bertanya kepada pilot mengenai alasan permintaan untuk terbang naik, turun bahkan menyamping. Pasalnya, ATC cuma menyampaikan permintaan tersebut disetujui atau tidak.
[idr]



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai dengan topik bahasan dan tidak melanggar unsur-unsur yang merugikan dan menghina. Komentar yang sifatnya spam akan dihapus.
Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di blog Kawan Bicara.